Selasa, 20 November 2012

0 Information System and Its Influence to Business - Pengantar Sistem Informasi


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PT. LG ELECTRONIC INDONESIA DALAM MENGENDALIKAN INVENTORI

PT LG Electronic Indonesia didirikan pada tahun 1958 yang merupakan perusahaan inovator dalam bidang teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile, dan home appliances. Perusahaan ini sudah mempekerjakan 84.000 orang karyawan yang bekerja di 112 operasi termasuk 81 anak perusahaan di seluruh dunia. PT. LG Electronic memiliki 5 unit bisnis antara lain Home Entertainment, Mobile Communication, Home Appliance, Penyejuk Udara dan Business Solution. Produk-produk yang dihasilkan oleh TP.LG Electronic Indonesia adalah Panel Datar TV, Audio dan Video, Mobile Handset, AC, dan Mesin Cuci.
Untuk terus mengembangkan produk-produk tersebut dalam pemasaran tentunya diperlukan manajemen yang bagus dan berkualitas. Dan dengan banyaknya unit serta anak/cabang perusahaan  tentunya PT. LG Electronic Indonesia memerlukan suatu sistem yang dapat mengontrol dan memonitoring informasi-informasi yang terjadi pada setiap anak perusahaannya baik mengenai keuangan, stock barang, proses pengiriman, penjadwalan, laba/rugi, dll. Awalnya PT.LG Electronic Indonesia memiliki sebuah portal yang bisa diakses oleh karyawannya di seluruh Indonesia. Portal tersebut dinamakan LG ELEctronic Enterprise Portal (LGEP). Bagi karyawan yang sudah memilik akses resmi dan ingin mengetahui informasi-informasi mengenai data-data perusahaan dapat log in menggunakan sebauah email kedalam portal tersebut. Namun sayangnya portal ini hanya bisa diakses di wilayah perusahaan saja. Dengan kondisi yang seperti ini menyulitkan perusahaan maupun karyawan untuk bekerja secara efektif. Maka dibuatlah suatu sistem yang bernama Global Digital Logistic System(GDLS) yang dapat mengendalaikan inventori perusahaan. Sistem tersebut adalah sistem informasi manajemen (SIM) yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk menentukan perhitungan harga pokok, memberikan informasi tentang perencanaan tujuan dari suatu bisnis, mengendalikan rencana-rencana yang sudah disusun, dan juga memberikan informasi yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan pilihan suatu bisnis atau yang lainnya.
Di dalam sistem informasi manajemen PT.LG Electronic Indonesia ini memiliki subsistem-subsistem untuk  mendukung sistem informasi manajemen (SIM) yang ada, antara lain :
1.      Subsistem Delivery
Susbsistem ini berfungsi untuk :
a.       Pembuatan jadwal pengiriman barang
b.      Konfirmasi pengiriman barang
c.       Mengalokasikan truk yang akan digunakan untuk pengiriman barang
d.      Mengetahui status pengiriman barang
e.       Mengetahui apakah ada keterlambatan atau tertudanya pengiriman barang
2.      Subsistem Cost
Subsistem ini berfungsi untuk :
a.       Memanage factor-faktor pengiriman (biaya, kondisi barang, wilayah tujuan, tarif)
b.      Mengetahui apakan terjadi kesalahan dalam pengiriman barang
3.      Subsistem Stock
Subsistem ini berfungsi untuk :
a.       Mengetahui status pengiriman barang
b.      Perhitungan fisik persediaan barang di gudang
c.       Status persediaan barang
4.      Subsistem Return
Subsistem ini berfungsi untuk mengetahui ada atau tidak barang yang dikembalikan karena tidak laku dijual atau rusak/cacat.
Subsistem-subsistem tersebut dibuat dengan tujuan mempermudah pengecekan informasi yang terkait dengan masing-masing produksi dan juga untuk meminimalisir kesalahan dalam perekapan karena setiap produksi sudah ada subsistem yang bertanggugjawab.
Dampak yang terjadi dari adanya sistem informasi manajemen yang sudah dibuat pada perusahaan PT.LG Electronic Indonesia adalah dapat dengan mudah mengetahui kondisi inventori perusahaan yang berada di gudang pusat maupun di cabang. Apabila terjadi kesalahan mengenahi inventori maka bisa langung ditangani oleh pegawai yang berwenang dan bersangkutan tanpa harus melibatkan semua pihak, disini dimaksudkan juga untuk efisiensi waktu, efektifitas biaya dan kineja perusahaan.






Source : http://www.wisnudewobroto.com/sistem-informasi-manajemen-pt-lg-electronic-indonesia-dalam-mengendalikan-inventori

0 comments:

Poskan Komentar